Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

ERAQQ - Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya

ERAQQ - Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya - Anda pasti sudah tahu yang namanya warnet. Warnet singkatan dari warung internet yang adtinya suatu tempat penyewaan dalam mengakses internet untuk berbagai macam kebutuhan di dunia maya. Misalnya browsing mencari informasi, bersosialisasi di internet, chatting, jual beli online, game online dan lain sebagainya. Usaha warnet identik dengan para anak muda atau orang yang melihat teknologi informasi masa kini. Dan memang kebanyakan pemakai warnet adalah kalangan anak muda.


ERAQQ - Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya
Usaha Warnet

Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya



Permintaan atau keperluan penduduk di tanah air terhadap hiburan, pendidikan dan akses informasi di internet sangat tinggi terutama kaum pelajar, pengusaha, mahasiswa, guru, pejabat, dll. Menurut data statistik, dari tahun ke tahun berikutnya para pemakai internet di Indonesia bertambah banyak. Hal ini membuat usaha warnet mempunyai pangsa pasar yang sangat besar dan luas. Oleh karena itu, saat ini banyak bermunculan usaha warnet yang menawarkan jasa penyewaan akses internet kepada penduduk umum dengan harga tertentu yang umumnya perjam. Popularitas usaha warnet semakin tinggi ditengah bermunculan hal-hal baru baik informasi maupun hiburan game di internet. Sehingga saat ini sangat gampang kita temui usaha warnet di sudut kota maupun tempat sebagai ajang usaha untuk mencukupi keperluan tersebut 

Tapi semenjak warga Indonesia telah banyak yang memanfaatkan ponsel android yang bisa akses internet dengan memakai kartu paket internet yang harga sangat terjangkau membuat sebagian pelaku usaha warnet mengaku sepi para pemakai warung internet yang pada akhirnya atau bangkrut. Namun hal itu jangan membuat anda takut atau trauma untuk memulai usaha warnet. Karena kesempatan usaha warnet masih tetap menjanjikan dan menguntungkan. apabila di jadikan sebagai kesempatan usaha sampingan bila Anda memang mempunyai pekerjaan utama. Kisah para pengusaha warnet yang bangkrut hanyalah ketidaksanggupan mereka dalam menjalankan usaha warnet dan haruslah menjadi pelajaran berharga bagi kita  supaya tidak terjadi pada diri kita dalam menjalankan usaha warnet.

Usaha warnet merupakan salah satu kesempatan usaha  yang sangat menjanjikan, menguntungkan dan bagus untuk dimulai di tahun-tahun berikutnya. Dengan pangsa pasar yang sangat luas, pengelolaan usaha warnet yang benar dan tepat maka keuntungan besar pun bisa di peroleh. kesempatan usaha ini sangat disayangkan untuk disia-siakan ditengah masih besarnya kebutuhan masyarakat terhadap akses internet.

Perincian Modal Usaha Warnet Hingga Siap Buka

Jika anda ingin memulai usaha warnet berikut ini kami sediakan analisa modal usaha warnet :


ERAQQ - Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya
Perincian Modal Usaha Warnet


Biaya modal kerja harus dipersiapkan tiga bulan sampai empat bulan ke depan mengantisipasi keuntungan usaha warnet yang masih tidak terpenuhi. Jika harga yang dipatok sebesar Rp 5000 perjam maka keuntungan usaha warnet 10 pc komputer x Rp 5000 = Rp 50.000 x 14 jam  = Rp 700.000 perhari. Lalu dikali satu bulan atau 30 hari = Rp 21.000.000.

Untung Bersih : Rp 21.000.000 - Rp 2.600.000 = Rp 18.400.000 per bulan.

Catatan : kalkulasi di atas hanyalah bersifat kasar dan gambaran garis besar. Bisa lebih dan bisa kurang sesuai kondisi dan situasi. Bagaimana anda berminat memulai usaha warnet?

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan usaha warnet sampai menguntungkan uang banyak dan ramai pelanggan.

Cara Memulai Usaha Warnet yang Ramai Pengunjung dan Menguntungkan 

Di tengah persaingan usaha warnet yang ketat sekaligus menarik para pemakai warung internet dibutuhkan beberapa strategi yang efektif dan ampuh, antara lain :

1. Melengkapi usaha warnet dengan peralatan komputer yang mempunyai kualitas sangat baik, canggih dan moderen. Sebab itu merupakan salah satu daya tarik konsumen. Apabila sobat melengkapi warnet dengan perlengkapan komputer yang jadul atau standar, loading lambat maka dijamin para pengguna warnet kapok dan tidak akan kembali lagi ke warung internet sobat.

2. Jam buka warnet bisa dari mulai pukul 8.00 pagi hari sampai pukul 10 malam hari.

3. Pemilihan Lokasi Usaha Warnet Yang Tepat. Itu merupakan salah satu aspek penting yang menunjang kesuksesan sebuah usaha warnet. Sekali lagi tempat...tempat dan tempat. Dalam memilih lokasi usaha warnet carilah tempat yang strategis yang banyak dilalui lalu lalang orang, berada di tempat keramaian, dekat pasar, dekat pusat perkantoran, sekitar pusat pendidikan, dekat kampus, dekat sekolah, diperempatan jalan, di dekat mall, dan tempat strategis lain sebagainya.

4. Melengkapi dengan fasilitas tambahan seperti  kipas angin, AC, musik, toilet yang representatif, tempat duduk, dll. Hal ini untuk membuat pengguna warnet betah berlama-lama sehingga meningkatkan keuntungan usaha warnet anda.

5. Membidik pasar yang jelas. Para pengguna warnet usianya bervariasi dari usia 11 tahun hingga 35 tahun. Misalnya jika target usaha warnet anda adalah kalangan anak-anak dengan usia 10 sd 15 tahun maka sobat mesti melengkapi peralatan komputer dengan beberapa game online terkini yang disukai anak-anak. Karena berdasarkan pengamatan penulis langsung di lapangan, anak-anak kecil berkunjung ke warnet seringkali hanya untuk bermain game online. Lalu jika target market sobat adalah kalangan anak kuliah atau sekolah maka anda dapat melengkapi komputer dengan program anak sekolah, program tugas sekolah, dan lain-lain.

6. Akses Internet Yang Cepat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kecepatan akses internet. Karena usaha ini bergerak dalam jasa penyewaan koneksi internet maka koneksi akses internet haruslah sangat cepat untuk memanjakan konsumen. Sebab salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh calon konsumen dalam memilih tempat warnet yang cocok dan nyaman adalah kecepatan akses internet. Semakin cepat akses internet akan semakin baik. Pengguna warnet akan kapok kembali lagi jika warnet yang dikunjunginya memiliki akses internet yang sangat lambat. Bermain game online atau melakukan browsing dengan kecepatan akses internet yang lambat membuat para pengguna kesal dan memutuskan tak kembali ke warnet sobat. Rugikan?! Sebaliknya para pengguna warnet akan kembali lagi jika loading akses internet sangat cepat (super ngebut) sebab bermain game dan browsing di internet berjalan lancar. Oleh sebab itu, sebelum membuka usaha warnet secara resmi pastikan akses internet yang dimiliki mempunyai kecepatan super ngebut minimal 2 Mpbs. 

7. Usaha Tambahan. Para pengunjung warnet ketika sedang bermain game online, browsing, dll seringkali karena keasyikan mereka menghabiskan waktu sampai beberapa jam lamanya. Dan tak terasa perut lapar. Oleh sebab itu, mereka mencari makanan ke luar warnet. Situasi ini anda harus jeli bahwa usaha warnet yang sobat jalani harus dilengkapi dengan usaha sambilan misalnya berjualan snack, kopi, cemilan, mie rebus, roti, dll yang kira-kira dibutuhkan konsumen (pengunjung warnet). Bisa juga dilengkapi dengan usaha jasa pengetikan, pengeditan foto, print foto, dan lain sejenisnya karena inilah yang akan membedakan usaha warnet sobat dengan pesaing. Keuntungan usaha warnet pun ikut berlipat ganda dari adanya bisnis sampingan lainnya.

Dengan berbekal uang sebesar Rp 20 juta, ia nekad memulai usaha warnet. Ia membeli empat unit komputer PC bekas yang lengkap. Lalu sebuah gudang di dalam rumahnya diubah jadi ruangan bersekat yang cukup luas untuk usaha warnet. Pada bulan perdana, pria berkulit putih ini meraup keuntungan kotor sebesar Rp 3 juta. Keuntungan dari usaha warnet semakin bertambah besar hingga ratusan juta rupiah perbulan.

Keberhasilan usaha warnet yang dicapai pria supel ini tidaklah diperoleh dengan gampang. Berbagai halangan, rintangan dan hambatan sering ia alami. Seperti menghadapi pelanggan yang nakal, usaha warnet terkena petir, hingga harus berhadapan dengan tetangganya yang tidak menyukai usahanya dll. Dengan sikap pantang menyerah, ulet, dan sabar ia bisa melewati semua itu.

Demikianlah rincian modal usaha warnet hingga siap buka dan tips mengembangkan usaha warung internet yang menguntungkan dan ramai oleh pelanggan. Semoga  artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang sedang mencari kesempatan usaha yang menguntungkan dan menjanjikan.












POSTED BY : ERAQQ
ERAQQ - Peluang Usaha Warnet Serta Rincian Modal Dan Keuntungannya
ERAQQ

No comments:

Powered by Blogger.