Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

ERAQQ - Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas

ERAQQ - Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas - Sejak kapan usaha ini mulai populer ? sepertinya usaha bernyanyi ini baru ada sekitar 5 tahun belakangan ini. Khususnya di tahun ini sedang gencar gencarnya, hampir tiap sudut kota di Indonesia sudah bertebaran room karaoke. Kalau sekitar 5 tahun yang lalu, tempat seperti ini masih sangat jarang ada, alias masih bisa di hitung jari. Itupun kalau ada.


ERAQQ - Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas
Karaoke Keluarga



Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas



Awal mulanya, usaha karaoke sempat di ragukan prospeknya. Pasalnya karaoke sudah dikenal lama di masyarakat. hobi bernyanyi masih di miliki oleh orang-orang tertentu saja, sebab untuk mendapatkan suara yang bagus meliputi sound sistem, monitor, mig itu membutuhkan biaya yang lumayan banyak.

Namun demikian para cukong atau yang memiliki modal atau dana. Mereka mendirikan sebuah tempat dengan beberapa ruangan yang mana setiap ruangannya menyediakan komputer, monitor, serta sound sistem. Tempat demikian, di kenal sebagai room karaoke. Inilah kemudian yang lagi populer. Bisnis karaoke dengan room bernyanyi.

Berapa dana atau biaya Untuk Mendirikan usaha Karaoke ?
Berikut anggaran atau rincian yang perlu di persiapkan untuk mewujudkan impian memiliki usaha karaoke :

* Peralatan Karaoke meliputi, mig, komputer, sofware, Monitor    Minimal 29 “ : Rp. 10.000.000
* Sofa dengan meja       : Rp. 5.000.000
* Dekorasi dinding termasuk peredam  : Rp. 3.000.000
* Papan nama dan Accesoris         : Rp. 1.000.000
   Total   : Rp. 19.000.000

Biaya di atas hanya untuk paket karaoke keluarga untuk satu ruangan, bagaimana kalau ruangan yang di buat terdiri dari 10 buah ? Bagaimana menurut anda ?. Biaya di atas belum lagi kita masukkan biaya operasional yang juga tidak sedikit, seperti Listrik, Karyawan, Air, Wifi, Dan lain-lain.

Memang tak dapat di pungkiri usaha karaoke merupakan usaha kalangan menengah ke atas. Jadi lihat saja tempat bernyanyi yang ada di kota anda atau di sekitar tempat tinggal anda siapa yang punya usaha bernyanyi itu ?

Walaupun modalnya mulanya untuk membuat usaha karaoke keluarga terbilang tinggi, tetapi prospek dari peluang usaha ini sungguh sangat menggiurkan. Sekarang ini artis Inul Daratista, Ahmad Dani, Anang, Syahrini, dan lainnya pun tidak mau ketinggalan memanfaatkan kesempatan usaha yang sangat bagus ini.

Kalkulasi perhitungan omset bisnis karaoke cukup sederhana, Anggap saja sewa perjam itu Rp. 40.000. Lama operasi, dari jam 10 pagi S/D jam 1 Malam, dengan 10 ruangan, kita kalikan saja berapa kira-kira yang bisa di hasilkan. Anggaplah saja sehari/per ruangan itu hanya mendapat tamu 8 jam, berarti 8 x 40.000 = Rp. 320.000 x 10 ruangan = Rp. 3.200.000 / hari x 30 hari = Rp 96.000.000

Belum di keluarkan biaya operasional. Anggap saja Karyawan Berjumlah  7 Orang. Dengan gaji. Rp. 2.500.000 = Rp. 17.500.000 + Rp. 5.000.000 (biaya Listrik) = Rp. 22.500.000 + Rp. 500.000 ( Wifi ) = Rp. 23.000.000 + Pajak dan lain-lain ( Rp. 5.000.000)= Rp. 28.000.000

Coba bandingkan dan perhitungkan Kisaran Omset yang di peroleh dengan biaya operasional , Tentu sangat menguntungkan bukan ?.

Berikut beberapa Tips atau saran Mengembangkan usaha karaoke Agar Bisa Maju dan berkembang :

1. Lokasi

Lokasi yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan usaha karaoke, lokasi atau tempat yang di maksudkan di sini bukan saja harus berada di pinggir jalan raya, bukan saja harus berada di tengah kota, atau pusat keramaian, tetapi yang lebih penting adalah tempat parkiran pengunjung atau tamu yang harus luas. Karena pengunjung nantinya bukan saja motor tetapi akan ada kendaraan roda empat.

Lokasi yang baik untuk usaha karaoke keluarga, adalah bagaimana tingkat keamanan pengunjung atau tamu di daerah tersebut. Ini semua akan menjadi pertimbangan dan jadi pertanyaan sebelum seseorang berkunjung di usaha kita.

2. Pelayanan Karyawan.

Karyawan yang ramah dan sopan, cepat respon dan mengerti akan kemauan tamu, akan menjadi magnet kuat agar pengunjung akan datang kembali dan  mungkin akan mengajak teman-temannya untuk menjadikan usaha ini sebagai sarana karaoke bagi keluarga mereka.

3. Kualitas Karaoke

Di sini terkadang kesalahan yang besar yang sering kali di lakukan bagi pebisnis pemula, mereka lebih memperhitungkan biaya di bandingkan dengan kualitas yang di berikan kepada konsumen atau pengunjung. Hendaknya dalam melakukan usaha karaoke tidak boleh main hitung-hitungan dengan namanya kualitas suara yang dihasilkan oleh karaoke kita. Sebab sound sistem yang kurang nyaman kedengaran akan membuat pelanggan atau pengunjung menjauh. Pengunjung sangat memperhatikan suara sound.

4. Dekorasi Ruangan

Ruangan yang ada dalam room karaoke bukan bisa di dekorasi asal asalan saja. Tetapi dekorasi meliputi dari ruang tunggu, meja kasir, WC dan lainnya haruslah menarik, bersih, pencahayaannya bagus, agar sedap di pandang mata. jadi tata dekorasinya juga harus bagus y guys.

5. Diskon

Pemberian kompensasi atau bonus kepada tamu merupakan senjata jitu untuk menarik tamu tamu itu datang kembali dan akan datang lagi. Apalagi kalau diskon yang di berikan menarik dan mantap.

Ada beberapa jenis diskon yang kerap diterapkan di usaha karaoke, misalnya pengurangan biaya sewa ketika booking 2 jam atau kelipatan. Bonus minuman, atau pemberian kupon masuk jika menyewa dalam jumlah tertentu.

6. Promosi

Dan yang tak boleh ketinggalan juga dalam melakukan usaha agar bisa tetap eksis adalah Melakukan promosi atau iklan. Promosi yang di lakukan dapat menyebarkan brosur di lingkungan kampus, di sekolah-sekolah, di jalan raya. Atau memasang beberapa buah spanduk besar di tempat-tempat yang mudah di lihat, dsb.

Tentu hal ini akan cepat memperkenalkan usaha karaoke keluarga yang tengah di kelola kepada banyak orang atau masyarakat. Apalagi di tambah dengan kata promo atau diskon, maka tentu akan lebih menarik minat pengunjung untuk mencoba dan datang berkunjung.

Demikianlah  sedikit pembicaraan mengenai usaha karaoke keluarga yang lagi populer di kalangan masyarakat. Bagaimana kira-kira menurut anda?

Solusi Menjalankan usaha Karaoke Dengan budget terbatas




ERAQQ - Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas
KARAOKE


barangkali anda mempunyai minat juga untuk mengadu nasib di bidang usaha karaoke ini ? Namun terkendala dengan modal yang terbatas. Berikut Cara Melakukan usaha Karaoke Yang Punya Modal terbatas.

Kita bisa melakukan usaha karaoke dengan konsep penyewaan / rental. Kita tidak memerlukan tempat atau ruangan yang di desain khusus. Karena yang di sediakan hanyalah perangkat karaoke meliputi sebuah laptop dengan disk space yang tinggi untuk menampung sofware dengan ribuan bahkan jutaan lagu. Sebuah Unit Proyektor, Amplifier dan speaker elekton minimal 6 buah.

Sebelum merancang dan membeli alat-alat karaoke sebaiknya konsultasikan dahulu kepada yang ahli merakit atau membuat paket ini. Setelah semuanya selesai. Kita tinggal berpromosi atau iklan baik melalui teman, kerabat, atau menyebar brosur. Buatlah nama usaha karaoke yang menarik yang mudah untuk di ingat orang. Dan yang kedua utamakan kualitas suara.

Saat ini usaha karaoke dengan sistem penyewaan paket tidak kalah menghasilkan dengan rumah bernyanyi. Sebab usaha karaoke dengan model keliling, dapat melayani acara-acara pernikahan, akikahan, pindah rumah, atau bahkan hanya untuk acara-acara ngumpul-ngumpul bareng.

Tarif yang biasanya di terapkan dalam usaha karaoke ini bervariasi mulai dari Rp 300.000 sampai dengan Rp. 700.000 / malamnya. Menurut salah seorang teman yang sukses memperoleh keuntungan dari usaha ini. budget awal yang dikeluarkan berada di kisaran 40 jutaan suaranya sudah lebih dari lumayan.

Demikianlah singkat cerita yang bisa di sharing terkait usaha Karaoke keluarga. Semoga apa yang ada di artikel ini dapat menjadi inspirasi atau peluang usaha bagi anda sekalian. Semoga bermanfaat dan terima kasih.









POSTED BY : ERAQQ
ERAQQ - Membahas Bisnis Karaoke Keluarga,Tips Dan Solusi Dengan Modal yang Terbatas
ERAQQ


No comments:

Powered by Blogger.