Header Ads

Image and video hosting by TinyPic

ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya

ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya - Berbagai aneka usaha kuliner jenis baru terus bermunculan, tapi kuliner jenis lama akan tetap terus bisa bertahan. Seperti kuliner bakso yang sampai saat ini masih disukai masyarakat. Asalkan mampu berinovasi, produk lama pun akan tetap menjadi daya tarik masyarakat untuk mengkonsumsinya.


ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya
BAKSO


Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya



Dalam artikel kali ini, akan memberikan ide usaha dan cara memulai usaha jualan bakso. Yang diharapkan anda akan mampu mencapai kesuksesan dalam usaha kuliner ini dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Memang benar, bahwa usaha bakso ini sudah sangat biasa di Indonesia, tapi peluang usaha kuliner bakso ini sebenarnya masih terbuka lebar bagi yang mau serius menjalaninya. Karena hampir setiap masyarakat di Indonesia sudah sangat kenal dengan makanan yang satu ini. Meskipun sudah menjamur orang-orang yang terjun dalam usaha kuliner ini, akan tetapi anda tidak perlu khawatir, masih banyak peluang bagi anda untuk juga bisa meraih keuntungan yang besar dari usaha bakso ini.

Banyaknya orang yang ikut dalam usaha kuliner ini menjadikan usaha ini cukup ketat persaingannya. jadi anda harus punya taktik jitu untuk mengelola usaha bakso ini agar mampu bersaing dan bertahan di bidang usaha bakso ini. Apalagi, umumnya masyarakat sudah mempunyai langganan masing-masing ketika ingin menikmati kelezatan kuliner bentuk bola ini. Hingga akhirnya penjual baru yang ingin terjun di bidang kuliner ini akan kesulitan untuk memasarkan produknya. Nah, dalam artikel ini akan kami berikan sedikit tips dan trik yang perlu anda ketahui sebelum menjalankan usaha bakso ini.

Tips dan Trik Cara Cepat Sukses Memulai Usaha Bakso bagi Pemula :

1.Pilih Lokasi Tempat Berjualan Bakso dengan Tepat

Pemilihan lokasi berjualan merupakan hal yang sangat penting bagi kebanyakan usaha, baik untuk usaha kuliner maupun lainnya. Dengan letak warung bakso yang strategis diharapkan dapat menarik dan memudahkan pelanggan untuk mengunjungi warung bakso anda. Di samping itu, keistimewaan dari tempat yang strategis juga bisa mengalihkan pelanggan yang ada di warung lain kepada warung bakso yang baru saja anda dirikan.

Mencari lokasi yang sekiranya ramai dikunjungi orang adalah suatu ketentuan dalam usaha ini. Karena usaha kuliner berhubungan dengan kebutuhan sewaktu-waktu, oleh karena itu lokasi yang paling cocok adalah tempat yang ramai dikunjungi masyarakat, seperti di pasar, di pinggir jalan yang ramai, di tempat-tempat nongkrong, dan lain sebagainya.

Secara mendasar, dalam usaha kuliner, lokasi yang strategis sangat potensial untuk membuat usaha menjadi sukses dan maju, apabila jika modal anda masih terbatas untuk menyewa tempat usaha, anda bisa mencobanya dengan berdagang bakso secara keliling, dan pasarkan produk bakso anda di lokasi yang ramai agar calon konsumen anda dapat dengan gampang menemukan lokasi penjualan anda.

2.Mulailah dengan Harga yang Murah

kasih harga yang pasti bagi bakso yang anda jual, karena pembeli cenderung lebih suka dengan kepastian dan tidak perlu menebak nebak harga bakso anda. Tentu saja, saat anda baru menjalankan usaha bakso, agar bakso yang anda tawarkan dapat cepat diterima dan diminati oleh konsumen perlu mengandalkan rasa, terlebih dahulu anda harus utamakan kemiringan harga. Karena untuk mencoba-coba suatu produk baru, biasanya pembeli  akan cenderung tidak mau jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi atau mahal.

Setelah bakso anda mulai banyak dikenal orang dan diakui cita rasa kelezatannya, anda bisa sedikit menaikkan harga bakso, tapi jangan terlalu tinggi, tetap harus rasional. Sesuai dengan lokasi, cita rasa, dan harganya. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda dapat memberikan harga yang murah tapi kelezatannya dapat bersaing dengan berbagai macam bakso yang ada di pasaran.

3.Lakukan Promosi dengan Cara yang Tepat

Dalam usaha apapun, promosi sangatlah penting sekali. Baik dalam usaha produk seperti jualan bakso maupun jasa seperti jasa sewa mobil dll. Agar promosi yang anda lakukan tidak membuang banyak biaya, lakukan cara-cara promosi yang efisien dan tepat sasaran.

Dalam usaha warung bakso, dapat anda kerjakan dengan cara membuat spanduk2 atau banner yang diberi warna mencolok disertai dengan kata-kata provokatif yang dapat  menjadi daya tarik untuk orang mencobanya. Membuat orang ‘terpaksa’ mencobanya karena ingin menghilangkan rasa penasaran. Sebagai contoh kata-kata, “Bakso Pedas Tapuk Sandal”. Kalimat tersebut dapat membuat calon konsumen penasaran untuk mau mencoba merasakan bakso yang pedas seolah mulut ditabok sandal. haha ^^ 

4.Berikan Nama yang Unik bagi Warung Bakso Anda

Tujuan diberikannya nama unik adalah juga untuk membuat penasaran calon konsumen di warung anda. Sebagai contoh, semisal warung anda bernama “Warung Bakso Online”, akan membuat calon pengunjung penasaran untuk mencoba bakso yang anda sajikan atau hidangkan.

Agar sesuai dengan namanya, tentu anda harus mendekorasi konsep konsep yang berkaitan dengan dunia online, yang paling mudah adalah free wi-fi. Disamping membuat sesuatu yang berbeda atau yang lain, adanya ‘bakso online’ juga akan membuat pembeli betah berlama-lama nongkrong di warung anda,  merasa nyaman, sehingga diharapkan dapat menjadi return visitor (konsumen yang akan kembali mengunjungi warung anda).

Anda juga bisa gunakan nama-nama unik lainnya untuk dapat menarik konsumen atau pelanggan, yang tentunya harus disesuaikan antara nama dan fasilitas yang anda berikan.

5.Berikan Pelayanan yang Memuaskan.

Biasanya hal yang sering diingat pembeli setelah mencicipi suatu hidangan kuliner di suatu tempat adalah rasanya, kemudian harganya, dan nomor tiga adalah pelayanannya. Untuk kultur Indonesia, bahkan terkadang pelayanan menjadi nomor pertama.seperti istilah pembeli adalah raja. haha ^^

Oleh karena itu mengenai pelayanan  tentu menjadi keharusan salah satu konsentrasi utama dalam usaha bakso yang anda lakukan. Karena jika pelayanan anda memuaskan, potensi untuk pelanggan kembali membeli di tempat anda menjadi lebih besar. Sebaliknya, ketika pelayanan yang anda berikan dianggap tidak memuaskan, meskipun harga dan rasa yang anda berikan sesuai namun akan tetap ditinggalkan oleh pembeli.

Karena menyantap hidangan sejenis bakso ini berhubungan dengan psikologis orang yang ingin bersantap dengan santai dan nyaman (tidak seperti kuliner jenis nasi yang memang makanan berat). Sehingga kuliner bakso sangat bersangkutan dengan kenyamanan hati pelanggan. Di saat pelanggan merasa nyaman bersantap di warung anda, maka kemungkinan untuk suatu saat kembali datang ke warung anda menjadi besar.

6.Jaga Kebersihan Tempat Usaha dan Bakso yang Anda Jual

Bukan hanya bakso, dalam setiap usaha kuliner, kebersihan juga menjadi suatu hal yang harus benar-benar dijaga. pembeli akan cenderung membeli makanan di tempat yang bersih meskipun harga lebih mahal dan rasanya biasa-biasa saja daripada membeli di warung makanan yang harganya lebih murah dan rasanya lebih lezat tapi kebersihannya kurang terjaga.karena kebersihan pangkal kesehatan dan sebaliknya tempat yang tidak bersih menjadi tempat yang banyak kuman dan bakterinya. 

Jika anda ingin usaha bakso yang anda lakukan bisa laku dan sukses, kebersihan harus benar-benar anda perhatikan. sedikit terabaikan, bisa mengakibatkan usaha anda cepat bangkrut atau sepi pembeli.

7.Gunakan Bahan Bakso yang Dipastikan Kehalalannya

Jika anda berjualan kuliner di Indonesia, unsur kehalalan menjadi hal yang utama untuk usaha kuliner anda bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Gunakan daging-daging yang baik dan halal untuk kebaikan dan kesuksesan usaha anda secara jangka panjang. bila perlu pastikan kehalalan bahan bakso anda dengan meyakinkan pembeli akan kehalalannya. Di antaranya dengan membubuhkan kata-kata “100% Halal” pada tulisan di spanduk warung bakso anda.

Jangan pernah tergiur untuk menggunakan bahan-bahan yang tidak disukai masyarakat karena akan menrusak usaha anda dalam jangka panjangnya. Sekali, dua kali, mungkin tidak ketahuan, tapi pasti ada suatu saat keteledoran anda, sehingga akan ketahuan tentang bahan yang anda gunakan dalam membuat bakso anda.

Perkiraan Modal yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Bakso beserta Keuntungannya

kalkulasi yang akan kami berikan di bawah ini hanyalah perkiraan atau sebagai patokan saja. Sebelum menggunakannya untuk keperluan anda melakukan usaha bakso, ada baiknya jika anda konfirmasi dengan sumber-sumber lainnya, terutama dari sumber langsung di lapangan.

Sebelum kami teruskan mengenai perhitungan modal dan keuntungan berjualan bakso, mari kita coba untuk melakukan perhitungan cepat dari bakso yang bisa kita jual dalam sehari.

Misalkan anda berdagang bakso secara keliling di tempat yang ramai, mungkin tidaklah sulit bagi anda untuk mendapatkan penjualan sekitar 50 porsi (mangkok) dalam seharinya. 50 porsi di sini adalah sudah beserta minumannya.

Dari situ, mari kita coba membuat perhitungan dengan penjualan minimal 50 porsi setiap hari. Umumnya, dalam menjual bakso keuntungan yang diambil adalah sekitar Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per mangkoknya.

Perkiraan Keuntungan Penjualan Bakso

Keuntungan dari bakso Rp2.000 x 50 porsi = Rp100.000
Kuntungan dari minuman Rp1.000 x 50 porsi = Rp50.000
Kentungan dari makanan lain seperti krupuk Rp1.000 x 20 = Rp20.000

Total keuntungan Perhari Rp170.000
Total Keuntungan perbulan Rp5.100.000

Luar biasa. Hanya dengan berjualan bakso sebanyak 50 porsi dalam sehari, anda dapat menperoleh keuntungan sekitar Rp5.100.000 dalam waktu sebulan. Apalagi jika kita sanggup menjual sebanyak 100 porsi atau lebih dari itu, pastinya keuntungan yang akan kita dapatkan lebih banyak lagi.

Mari kembali kita kalkulasi perkiraan modal yang diperlukan untuk menjual bakso secara lebih terperinci.

1.Menjual Bakso dengan Gerobak Keliling


ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya
GEROBAK BAKSO KELILING

Perkiraan harga 1 gerobak = Rp1.500.000
Perkiraan harga peralatan masak dan hidangan = Rp2.000.000
Perkiraan biaya promosi dll = Rp500.000

Perkiraan total biaya yang anda perlukan untuk menjalankan usaha bakso dengan menggunakan grobak keliling adalah sekitar Rp4.000.000. Dengan perhitungan keuntungan (profit) sekitar Rp5.000.000, maka dalam satu bulan (apabila telah berhasil mencapai target), anda sudah bisa membalikkan modal yang di keluarkan.

2. Berjualan Bakso di Tempat yang Ramai Pengunjung


ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya
BAKSO PINGGIR JALAN

Dalam membuat rincian modal awal bisa sedikit kita samakan seperti modal awal untuk berjualan bakso secara keliling, kemudian ditambah modal/biaya untuk menyewa lokasi. Baik itu di pinggiran jalan, di toko atau depan toko, di pinggiran pasar.

Biasanya biaya yang diperlukan per bulannya sekiar Rp500.000. Bisa juga kita tambahkan tenda dan kursi untuk tempat makan bagi pembeli kita kira-kira Rp2.500.000. Memang di perlukan dana yang lebih besar, tapi anda tidak perlu lagi untuk berkeliling. Anda bisa lebih fokus untuk memperbaiki kualitas jualan bakso anda.

Di samping itu, apabila tempat yang anda sewa berada di lokasi yang ramai pengunjung, tentunya akan bisa menjadi lebih banyak peluang untuk pengunjung ke warung bakso yang anda lakukan, sehingga keuntungan yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Perkiraan harga 1 gerobak = Rp1.500.000
Perkiraan harga peralatan masak dan hidangan = Rp2.000.000
Perkiraan biaya promosi dll = Rp500.000
Perkiraan biaya sewa tempat = Rp500.000
Perkiraan harga tenda dan kursi = Rp2.500.000


3. Membuka Usaha Bakso dengan Cara Menyewa Kios atau Toko


ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya
BAKSO DI KIOS ATAU TOKO


Membuka warung bakso dengan cara menyewa tempat seperti kios atau toko secara umum berada di level yang lebih tinggi dibanding yang sebelumnya. Tentu saja terdapat risiko yang harus kita hadapi ketika ingin memulai berjualan bakso dengan menyewa toko atau kios. Di antaranya:

Biaya yang harus dikeluarkan relatif lebih banyak, karena harus menanggung biaya sewa yang tentunya lebih mahal. Sehingga target penjualan yang dicanangkan pun harus lebih tinggi.

Hal ini bisa diakali dengan cara membuat berbagai promosi untuk menarik pembeli. Di antaranya dengan memberikan berbagai diskon dan promo-promo menarik lainnya. Cara promosi lainnya adalah dengan memasang spanduk yang kiranya bisa menarik pembeli atau pengunjung.

Jangan takut untuk menbayar biaya promosi, karena promosi yang baik akan selalu berdampingan dengan hasil yang diperoleh. Anggap promosi sebagai investasi yang memang bagian dari biaya operasional yang harus dikeluarkan. Catat biaya promosi sebagai bagian dari modal yang suatu saat harus break event point (BEP).

Anda harus cepat cepat untuk sukses karena sudah terlanjur mengeluarkan biaya yang cukup banyak.
Supaya bisa cepat mencapai kesuksesan, pelajari terlebih dulu hal-hal yang memang harus diketahui sebelum memulai usaha bakso. Anggap diri anda sebagai pemula, sehingga anda akan terus berusaha untuk belajar berbagai hal yang berkaitan dengan usaha anda.

Setelah cukup banyak belajar tentang tips dan trik untuk menjalankan usaha bakso, kerjakan dengan cermat, hindari kesalahan sebisa mungkin. Lakukan usaha sesuai prinsip yang telah direncanakan. Segera perbaiki apabila ada kesalahan. Dengan begitu, kemungkinan anda untuk bisa sukses akan lebih cepat.

Perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membuka usaha bakso dengan cara menyewa toko atau kios.

Perkiraan biaya sewa kios per tahun = Rp12.000.000
Perkiraan biaya beli meja dan kursi = Rp2.000.000
Perkiraan biaya beli alat masak dan hidang = Rp2.000.000
Perkiraan biaya pembuatan spanduk dan lain-lain = Rp1.000.000
Perkiraan biaya bahan baku dan laiin-lain = Rp1.000.000

Total biaya yang diperlukan untuk memulai usaha bakso di tempat yang menetap seperti kios atau toko adalah kurang lebih Rp18.000.000 sampai Rp20.000.000. Memang cukup besar, tapi jika di kalkulasikan dan cara berusaha anda tepat, anda bisa memperoleh hasil yang berkali-kali lipat.


Demikian artikel tentang Cara Memulai Usaha Bakso Beserta Perhitungan Modal dan Keuntungannya yang bisa kami sampaikan kepada anda. Sebelum menjalankan usaha ini, kami sarankan untuk berkonsultasi dulu kepada orang-orang yang sudah terlebih dahulu mencoba usaha ini. Dengan begitu anda bisa memperhitungkan dengan tepat terkait usaha bakso ini, modal, dan keuntungannya secara lebih mendetail dan lebih rinci. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan dan bermanfaat bagi pemula yang ingin memulai usaha bakso.










POSTED BY : ERAQQ
ERAQQ - Memulai Usaha Bakso Dan Keuntungannya
ERAQQ

No comments:

Powered by Blogger.